Akhirnya Bluetooth 5 Dirilis

Akhirnya Bluetooth 5 Dirilis


Perkembangan teknologi dalam melakukan transfer file semakin berkembang, sebelumnya jika kita ingin mentransfer suatu file pastinya kita akan menggunakan bluetooth.

Namun penggunaan bluetooth untuk saat ini sudah mulai tergantikan oleh beberapa software yang dapat mengirim file menggunakan wi-fi (ex : share-it).

Tentunya banyak alasan kenapa orang beralih menggunakan software tersebut, diantaranya ialah pengiriman lebih cepat, coverage yang luas, serta dapat mengirim aplikasi smartphone yang telah terinstall sehingga kita tidak perlu menghabiskan kuota untuk mendownload aplikasi yang diinginkan.

Seakan tidak ingin tersaingi, baru-baru ini pihak SIG (Special Interest Group) sebagai pengembang meresmikan teknologi bluetooth terbaru, yakni Bluetooth 5.

Baca : Penjelasan Mengenai Bluetooth

Bluetooth 5 membawa banyak perubahan dari versi sebelumnya. Berikut beberapa peningkatan performa yang kami kutip dari laman resminya.

Kecepatan yang tinggi


Salah satu hal yang mempengaruhi orang beralih menggunakan teknologi wifi dalam melakukan transfer file ialah kecepatan.

Sadar oleh hal itu, pihak SIG memberikan peningkatan kecepatan transfer 2 kali lipat dibandingkan versi sebelumnya, sehingga Bluetooth 5 dapat melakukan transfer up to 25 Mbps.

Coverage yang lebih luas


Jika pada versi sebelumnya yakni Bluetooth 4.2, kita hanya dapat mengirim file dalam jarak 10 meter saja, namun pada bluetooth 5 kita dapat mengirim file dalam jarak yang lebih jauh lagi seperti wifi.

Hemat energi


Tidak dapat dipungkiri bahwa pengiriman file dalam kapasitas besar memerlukan waktu yang cukup lama, tentunya hal ini akan menguras daya dari smartphone.

Dengan hadirnya bluetooth 5, penggunaan daya baterai dapat ditekan seminimal mungkin, sehingga kita tidak perlu khawatir jika smartphone mati pada saat pengiriman file berjalan.

Penutup


Semoga dengan meningkatnya performa bluetooth dapat membuat banyak orang beralih kembali menggunakan bluetooth sebagai alat untuk mentransfer file.