Bahaya! 4 Komponen Komputer Ini Sangat Sensitif

Bahaya! 4 Komponen Komputer Ini Sangat Sensitif

Membersihkan perangkat elektronik khususnya komputer merupakan hal yang paling malas dilakukan oleh kebanyakan orang.


Hal ini memang selain menyita banyak waktu juga dapat menimbulkan resiko yang tidak terduga.


Kebanyakan orang lebih memilih untuk membawa komputer ke service center dari pada membersihkannya sendiri. Namun ada juga yang memilih untuk membersihkannya sendiri dengan alasan ingin belajar atau sedang berhemat.


Sayangnya, mereka yang mencoba untuk membersihkan komputernya sendiri masih belum mengetahui komponen apa saja yang sensitif atau membutuhkan penanganan khusus.


Oleh karena itu pada tulisan ini, saya akan memberitahukan komponen komputer apa saja yang sangat sensitif.


1. Hardisk


Hardisk merupakan sebuah storage device yang berfungsi sebagai media penyimpanan internal dan eksternal.


Seiring lamanya penggunaan komputer, membuat sebagian orang berpikir untuk membersihkan isi dalam hardisk.


Hal ini pasti terpetik dalam pikiran setiap orang, karena pada dasarnya hardisk selalu bekerja pada saat komputer dioperasikan.


Kebanyakan orang nekat untuk membuka case hardisk dipengaruhi oleh ketidaktahuannya terhadap efek dari membuka case hardisk.


Perlu diketahui bahwa case hardisk dirancang agar kedap udara, sehingga tidak ada debu yang dapat masuk ke dalam hardisk.


Hal ini sengaja dibuat oleh pihak produsen guna untuk mencegah terjadinya penumpukan debu pada hardisk, sehingga dapat menyebabkan gangguan pada hardisk.


Jadi, bagaimana cara membersihkan hardisk?


Cara membersihkannya cukuplah mudah, kamu tidak perlu membuka case hardisk, karena bisa dipastikan tidak ada debu yang masuk ke dalam hardisk, jadi kamu cukup membersihkan case bagian luar saja.


2. Processor


Processor memiliki peranan penting bagi sebuah komputer/laptop. Processor merupakan sebuah hardware yang mengatur/mengolah data yang diproses pada komputer, sehingga processor sering sekali diibaratkan sebagai sebuah otak dari komputer.


Dengan perannya yang sangat vital membuat nilai jual processor sangat mahal. Sehingga sebagian orang tidak berani untuk memasang processor sendiri.


Kesalahan yang paling sering terjadi ialah bengkoknya pin processor, hal ini terjadi akibat perakit tidak memperhatikan urutan kaki pin processor, sehingga ketika soket dipasang membuat kaki pin tersebut bengkok atau patah.


Tentunya jika kaki pin processor telah bengkok, maka dapat dipastikan bahwa processor tersebut tidak dapat digunakan lagi.


3. CD/DVD ROM


Peranan CD/DVD ROM pada komputer untuk saat ini sudah tidak terlalu signifikan lagi, pasalnya banyak orang yang telah beralih menggunakan media penyimpanan yang lain (misal: flashdisk dan hardisk eksternal) sehingga membuat CD/DVD ROM jarang sekali digunakan.


Akibatnya ialah CD/DVD ROM menjadi berdebu, sehingga kita pada saat membersihkan komputer berusaha untuk membersihkan CD/DVD ROM dari debu.


Namun, kebanyakan dari kita tidak begitu memperhatikan SOP dalam membersihkan CD/DVD ROM sehingga banyak CD/DVD ROM yang mengalami kerusakan setelah dibersihkan.


Hal tersebut terjadi dikarenakan rusaknya optik pada CD/DVD ROM yang berfungsi untuk membaca CD/DVD yang kita pasang.


4. RAM (Random Access Memory)


RAM merupakan sebuah komponen yang berfungsi untuk menyimpan data sementara pada saat komputer dioperasikan.


Komponen yang satu ini sering sekali mengalami kerusakan akibat kurang pahamnya sebagian orang dalam memegang komponen tersebut.


Perlu diketahui bahwa pada diri manusia terdapat listrik statis, dimana jika kita memegang bagian yang berwarna kuning/emas pada barang elektronik akan membuat komponen tersebut menjadi korslet atau short circuit.


Untuk mencegahnya kita dapat menggunakan gelang listrik statis, dimana gelang ini dapat menetralisir energi listrik statis pada tubuh kita, sehingga kita dapat memegang barang elektronik secara aman.


Penutup


Semoga dengan postingan ini dapat membuat kita lebih berhati-hati pada saat membersihkan perangkat komputer.