Cara Mengatasi Pesan "This app has been blocked for your protection" Pada Windows 10

Cara Mengatasi Pesan "This app has been blocked for your protection" Pada Windows 10

Windows 10 merupakan sistem operasi yang memiliki sistem keamanan yang cukup baik jika kita bandingkan dengan sistem operasi pendahulunya.


Wajar saja bila sistem keamanan pada Windows 10 dikatakan sangat baik, karena memang Windows 10 merupakan versi mutakhir dari generasi - generasi sebelumnya.


Meskipun demikian, siapa sangka banyak orang yang memiliki masalah dengan sistem keamanan ini, salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para pengguna Windows 10 ialah diblokirnya installer aplikasi karena dianggap berbahaya bagi sistem komputer.


Hal tersebut juga yang baru saja saya alami, yaitu pada saat saya hendak menginstal game Point Blank Zepetto di laptop, tiba - tiba muncul pesan seperti ini.


"This app has been blocked for your protection.
An administrator has blocked you from running this app. For more information contact the administrator."

Sempat berpikir sejenak, kok bisa installer PB dicekal ya? biasanya alert tersebut muncul jika/ketika suatu installer/software yang akan kita gunakan terindikasi dapat membahayakan sistem operasi (Windows) ataupun menurut tulisan yang pernah saya baca di winpoin, hal tersebut bisa juga terjadi karena installer/software tersebut berasal dari sumber atau publisher yang tidak dikenali oleh Windows.


Kalau memang begitu alasannya, kenapa Windows mencekal/memblokir installer Point Blank yah? bukankah game dari publisher ini sudah dikenal keseluruh penjuru dunia? atau apakah karena game yang satu ini dikenal sebagai game dengan pengguna cheat terbanyak? sehingga Windows tidak memasukkan game dari publisher ini kedalam whitelist mereka?


Terlepas dari semua hipotesis di atas, toh Windows sendiri juga tidak memblokir installer tersebut secara permanen, Windows masih memberikan opsi lainnya bagi kita untuk menjalankan installer/software tersebut di sistemnya, hanya saja kita perlu effort yang lebih agar dapat menjalankan installer tersebut.


Nah, pada artikel kali ini saya akan membagikan tutorial yang menurut saya sangat simpel untuk mengatasi pesan "This app has been blocked for your protection".


Penasaran dengan cara mengatasi pesan "This app has been blocked for your protection" pada Windows 10? silahkan disimak tutorial berikut ini.

  • Ketikkan CMD pada kotak pencarian di Windows.
  • Klik kanan pada Command Prompt, lalu pilih Run as Administrator.

  • Setelah jendela CMD terbuka, arahkan CMD ke folder/direktori yang berisi installer tersebut. Pada contoh kali ini, installer berada pada direktori C:\Users\user\Downloads, maka pada CMD ketikkan perintah berikut.
  •  cd C:/Users/user/Downloads 

  • Selanjutnya ketikkan nama dari installer beserta dengan ekstensinya.
  •  PointBlankZepetto.exe 

  • Selesai.

Nah, gimana? sangat mudah bukan? bagi kalian yang masih bingung ataupun memiliki kendala dengan cara di atas, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini yahhh...