6 Kesalahan Ini Sering Terjadi Pada Jaringan Nirkabel

6 Kesalahan Ini Sering Terjadi Pada Jaringan Nirkabel

Jaringan nirkabel merupakan jenis jaringan yang menggunakan gelombang radio sebagai transmisinya.


Saat ini ada banyak teknologi yang menggunakan jaringan nirkabel, seperti laptop, smartphone, tablet, dan masih banyak lagi.


Penggunaan jaringan nirkabel dalam kehidupan sehari-hari meliputi penggunaan wi-fi, bluetooth, dan inframerah.


Namun banyak dari kita yang masih belum mengetahui cara memperbaiki masalah yang sering dialami oleh jaringan nirkabel. Berikut adalah enam kesalahan pada jaringan nirkabel beserta cara perbaikannya.


1. Jaringan lambat


Pernahkah kamu menggunakan wi-fi di tempat umum/kantor, tiba-tiba koneksi menjadi lambat? hal tersebut terjadi karena jumlah pengguna sangat banyak, terutama pada jam-jam sibuk.


Untuk menangkal hal tersebut, kita dapat membatasi bandwith yang diterima oleh setiap user, dengan menggunakan bandwidth manajemen.


2. Lupa password


Password memiliki peran vital dalam jaringan wireless, karena dengannya kita dapat membatasi pengguna yang dapat terhubung pada jaringan kita.


Namum pernahkah kamu lupa password? jika ia, kamu tidak perlu panik, sampai-sampai harus panggil teknisi ISP (Internet Service Provider) langgananmu segala, kamu dapat mereset modem/access point ke pengaturan semula, sehingga kita dapat mengatur password baru lagi.


3. Lupa mengatur IP address


IP address merupakan suatu alamat pada komputer agar komputer dapat terhubung satu sama lain, ip address terbagi menjadi dua, yaitu DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) dan static.


Jika kita menggunakan jaringan internet maka ada baiknya kita menggunakan DHCP, agar IP address yang kita terima tidak terjadi tabrakan (collision) dengan komputer lain.


Sedangkan jika kita menggunakan jaringan adhoc atau peer to peer, maka ada baiknya kita menggunakan ip address static, agar ip address kita berada satu kelas yang sama dengan komputer lainnya.

4. Sinyal lemah


Sinyal lemah merupakan hal yang paling tidak diharapkan, hal ini terjadi akibat banyak faktor, diantaranya:


  • Banyaknya jumlah pengguna

  • Hal ini menjadi kendala bagi para pengguna jaringan terbuka, karena dengan ramainya pengguna, maka akan membuat jaringan dan sinyal melemah.


    Untuk mengatasi permasalahan ini, diperlukan hotspot tambahan, yang dapat men-cover jumlah pengguna yang melebihi batas.


  • Berada jauh dari hotspot.

  • Jarak merupakan hal yang mempengaruhi tingkat device (laptop/smartphone) dalam menjangkau sinyal access point.


    Oleh karena itu untuk menghindari hal tersebut kita bisa mencoba untuk memilih tempat duduk yang berada di dekat access point.


5. Wireless network adapter dinonaktifkan/disable


Pernahkah kamu melihat tanda silang pada logo jaringan laptop kamu? padahal kamu berada pada lokasi yang memiliki akses ke internet, hal ini terjadi karena kamu menonaktifkan wireless network adapter secara sengaja maupun tidak sengaja pada laptop kamu.


Agar laptop kamu dapat mendeteksi jaringan yang ada, maka kamu harus mengaktifkan wireless network adapter terlebih dahulu.


6. Lupa membayar tagihan bulanan


Poin terakhir ini merupakan masalah klasik yang sering terjadi pada akhir bulan.


Walaupun ini bukan masalah teknis, tapi kalau hal ini terjadi akan membuat kita tidak dapat terkoneksi ke internet dalam waktu yang tidak dapat diketahui (sampai kita membayar tagihan) hehehe.


Untuk mencegah hal ini kita dapat menerapkan kiat-kiat berikut.


  • Mengingat tanggal.
  • Rajin menabung.

Jika kedua kiat tersebut sudah dilaksanakan, saya yakin permasalahan ini tidak akan pernah terjadi lagi.


Penutup


Jika kita sudah mengetahui kesalahan apa saja yang sering terjadi pada jaringan nirkabel, maka kedepannya saya yakin bahwa kita semua tidak akan lagi mengalami kesulitan dalam memperbaikinya.


Jika kamu merasa ada hal yang ingin ditambahkan, kamu dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini.