Pengertian System Hotspot Dalam Jaringan Komputer

Pengertian System Hotspot Dalam Jaringan Komputer

Pengertian system hotspot - Menjadi seorang yang berkecimpung dalam dunia jaringan, kita dituntut untuk dapat menguasai segala bentuk jenis jaringan, baik itu jaringan wired ataupun wireless.

Seiring berkembangnya teknologi khususnya smartphone pada saat ini dan ditambah banyaknya tempat-tempat yang menyediakan layanan free wifi, membuat kita dapat mengakses internet dari manapun (misal: cafe, bandara, hotel, dll).

Hal ini membuat pihak penyedia layanan free wifi harus berjaga-jaga karena siapapun dapat terhubung ke jaringannya, sehingga tidak menutup kemungkinan akan ada pihak yang tidak bertanggungjawab yang akan memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan tindak kejahatan.

Baca: Pengertian router dan fungsinya

Nah, untuk mengantisipasi ataupun meminimalisir terjadinya tindak kejahatan, kita dapat menggunakan system hotspot.

Syukurnya saat ini sudah banyak penyedia layanan free wifi yang telah menerapkan system hotspot untuk meminimalisir terjadinya tindak kejahatan.

Namun sayangnya masih banyak juga dari kita yang masih salah kaprah dengan system hotspot, banyak diantara kita yang menganggap access point sama seperti system hotspot namun kenyataannya berbeda.

Nah, untuk penjelasan yang lebih mendalam mari disimak penjelasan di bawah ini.

Pengertian system hotspot


Sytsem hotspot adalah sebuah metode autentikasi yang diterapkan pada access point, dengan diterapkannya system hotspot kita dapat dengan mudah mengautentikasi user yang terhubung ke dalam suatu jaringan.

Kita dapat mengakses system hotspot dengan menggunakan voucher ataupun dengan username dan password yang sudah disediakan. Contoh system hotspot yang sering kita jumpai adalah wifi.id.

Cara kerja system hotspot


Cara kerjanya sangat sederhana, yaitu dengan mengarahkan user yang terhubung dalam jaringan tersebut ke homepage system hotspot, setelah itu kita akan diminta untuk mengisikan username dan password, jika username dan password yang diisikan benar, maka kita dapat mengakses internet dari jaringan tersebut.

Kelebihan menggunakan system hotspot


Kelebihan yang diperoleh dari system hotspot sangatlah banyak, berikut ini kelebihannya:
  • Dapat mengautentikasi user.
  • Dapat mengetahui jumlah data yang di download/upload.
  • Dapat melakukan limitasi bandwith berdasarkan data rate.
  • Dapat membatasi waktu pemakaian user.
  • Meminimalisir terjadinya tindak kejahatan.

Kekurangan menggunakan system hotspot


Pastinya seluruh sistem memiliki kekurangan, begitu pula dengan ini, namun sampai saat ini kekurangan yang paling mengganggu ialah sistem tidak mengarahkan beberapa user ke homepage login.

Perbedaan antara access point yang menggunakan dan tidak menggunakan system hotspot


Perbedaannya ialah jika pada access point yang menggunakan system hotspot, user akan diarahkan ke homepage saat terhubung ke access point.

Sedangkan access point yang tidak menggunakannya, user tidak akan diarahkan ke homepage pada saat terhubung ke access point.

Semoga dari penjelasan di atas dapat membuat kita lebih paham mengenai system hotspot.