Pengertian Router Beserta Fungsinya Dalam Jaringan Komputer

Pengertian Router Beserta Fungsinya Dalam Jaringan Komputer

Pengertian router dan fungsinya - Jika kita berbicara tentang jaringan komputer, maka kita harus tau apa saja komponen-komponen dan fungsinya. Banyak diantara kita yang hanya tahu nama saja, giliran ditanya tidak dapat menjawab (pengalaman pribadi) hehehe.

Buat kamu yang saat ini sedang belajar ataupun yang sudah bekerja di dalam dunia jaringan, pasti pernah mendengar router? Saya yakin kamu pasti sudah pernah mendengar, namun apakah semuanya mengetahui fungsinya? nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang router dan perbedaan antara router dan switch-hub.

Pengertian router


Router adalah sebuah perangkat keras yang meneruskan paket data dari segmen jaringan ke segmen lain. Ataupun dapat diartikan sebagai sebuah hardware yang bertugas untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda.

Baca: Pengertian system hotspot dalam jaringan komputer

Proses pengiriman paket data pada router dengan cara meneruskan paket dari segmen jaringan ke segmen lain dinamakan dengan proses routing, proses ini terjadi pada layer 3 (Network Layer) yang terdapat pada OSI (Open System Interconnection) Layer.

Router bisa berupa perangkat khusus seperti Tiny router, dan Cisco router, atau sebuah komputer yang difungsikan untuk menjadi sebagai router yang dikenal dengan istilah PC router.

Fungsi router


Fungsi router ialah memberikan IP address kepada setiap klien yang terhubung di dalam suatu jaringan, fungsi ini sangat menentukan suksesnya pengiriman data, jika diibaratkan:

  • Router diibaratkan sebagai jembatan.
  • Switch-hub diibaratkan sebagai desa.
  • Klien diibaratkan sebagai alamat.

Nah sekarang kita akan mengilustrasikannya, desa A dan desa B memiliki banyak rumah dengan alamat masing-masing, namun kedua desa terpisahkan oleh sungai, untuk menghubungkannya apa yang kita perlukan? pastinya sebuah jembatan kan? nah, sekarang kedua desa sudah terhubung sehingga kita dapat bepergian kedesa lain.

Nah, dari ilustrasi di atas dapat disimpulkan bahwa fungsi lain dari router ialah sebagai penghubung antara suatu jaringan dengan jaringan yang lain.

Bagaimana cara router membagikan IP address?

Router membagi IP address dengan dua cara, yakni static dan DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol).

Pada metode static, router memberikan IP address sesuai dengan yang diinput oleh user (baca: manual), sedangkan pada metode DHCP, router akan memberikan IP address secara otomatis kepada klien.

Perbedaan router dan switch-hub


Dalam penerapannya banyak sekali dari kita yang salah kaprah tentang perbedaan antara router dan switch-hub.

Dari kegunaannya memang sama-sama menghubungkan. Namun router tidak hanya menghubungkan antar jaringan LAN saja, tetapi router juga dapat mendistribusikan IP address ke klien.

Sementara itu, switch-hub hanya bisa menghubungkan beberapa komputer agar membentuk sebuah jaringan LAN dan tidak dapat mengatur IP address, karena switch-hub hanya sebagai terminal saja.