Dicoding Tempat Belajar Membuat Aplikasi Smartphone

Dicoding Tempat Belajar Membuat Aplikasi Smartphone

Pernahkah kamu mendengar kata-kata dicoding? tahukah kamu apa itu dicoding? jika jawabannya TIDAK, maka silahkan simak penjelasan berikut ini.


Dicoding merupakan sebuah startup yang bergerak dalam bidang pendidikan IT khususnya di bidang pemrograman.


Tujuan didirikannya dicoding ialah untuk mencetak banyak anak-anak Indonesia yang mahir dalam pemrograman agar dapat menghasilkan sebuah solusi di era industri 4.0 seperti saat ini.


Hingga saat ini sudah tercatat lebih dari 320 ribu member dari 503 kota dan kabupaten yang telah terdaftar di dicoding.


Apa sih yang membuat orang-orang memilih dicoding?


Yup, jawabannya ialah kurikulum yang berstandar global dan sertifikat yang diberikan oleh dicoding telah diakui oleh industri nasional sehingga lulusan dicoding lebih "mudah" mendapatkan pekerjaan.


Serta di dicoding juga terdapat learning path yang sangat membantu para calon developer untuk mengembangkan skillnya secara terstruktur dan konsisten.


Terdapat bidang apa saja di dicoding?


Bidang-bidang pada kelas di dicoding sangatlah banyak, mulai dari AI, Android, AR/VR/MR, Cloud, Machine Learning, IOS, dan Web, tidak menutup kemungkinan akan ada kelas-kelas baru lainnya di masa yang akan datang.


Apakah kelas/materi di dicoding  dapat diakses secara gratis?


Tentu saja, karena di dicoding terdapat 2 jenis kelas, yaitu free class dan paid class.


Apa perbedaan free class dan paid class?


Biasanya kelas-kelas yang berlabel free class merupakan kelas dasar/pemula. Dan pada kelas gratis ini kita tidak mendapatkan sertifikat.


Sedangkan untuk kelas yang berlabel paid class biasanya terdiri dari kelas intermediate hingga expert, dan jika kita dapat menyelesaikan kelas ini tepat waktu kita akan mendapatkan sertifikat.


Apakah saya dapat mengikuti paid class secara gratis?


Tentu saja, dicoding memberikan 2 cara agar kita dapat mengikuti paid class secara gratis, yaitu dengan free-trial selama 15 hari dan program beasiswa.


Bagaimana agar saya mendapatkan beasiswa dari dicoding?


Silahkan cek di sini untuk melihat syarat-syarat untuk mendapatkan beasiswa dari dicoding.


Apakah ada cara lain untuk mendapatkan beasiswa belajar di dicoding?


Ada, sejauh ini terdapat 3 program yang memfasilitasi kita agar dapat belajar secara gratis di dicoding, yaitu DTS Kominfo, IDCamp Indosat Ooredoo dan Prakerja.


Apakah saya hanya dapat mengikuti satu kelas saja jika berlangganan di dicoding?


Tidak, ketika kamu berlangganan di dicoding, kamu akan mendapatkan durasi akses untuk seluruh materi/kelas di dicoding mulai dari 30, 60, 90, 180 hingga 365 hari, tergantung paket langganan mana yang kamu pilih.


Bagaimana dengan penjelasan di atas? mulai tertarik belajar pemrograman? jika iya, segera daftarkan dirimu di dicoding. Dan jadilah bagian dari developer Indonesia!