5 Cara Meningkatkan Kecepatan Komputer Tanpa Install Ulang

5 Cara Meningkatkan Kecepatan Komputer Tanpa Install Ulang

Cara meningkatkan kecepatan komputer tanpa instal ulang - Memiliki komputer atau laptop yang memiliki performa yang mumpuni tentunya menjadi keinginan kita semua.

Namun, bagaimana jika kita hanya memiliki laptop yang standar atau kentang? tentunya tidak begitu masalah, asalkan masih dapat mengerjakan aktivitas sehari-hari.

Sayangnya, performa dari laptop/komputer tidak selalu berjalan maksimal, adakalanya laptop/komputer milik kita mencapai batas jenuhnya, hal ini ditandai dengan menurunnya performa laptop/komputer.

Jika kamu sedang membaca artikel ini dan juga merasakan bahwa laptop/komputer kamu menurun performanya, ada baiknya disimak penjelasan mengenai Lima Cara Meningkatkan Kecepatan Komputer Tanpa Install Ulang.

1. Uninstall software


Seiring kita menggunakan laptop pastinya kita akan banyak melakukan instalasi software, namun adakalanya software yang di install tidak digunakan lagi alias sudah kadaluarsa, nah, jika kita membiarkan software kadaluarsa ini terus-menerus berada di laptop kita, maka secara tidak disadari software ini akan menyedot resource laptop kita, sehingga kinerja laptop akan terasa berat.

2. Batasi aplikasi saat startup


Ini merupakan hal yang jarang kita sadari, kebanyakan dari kita tidak begitu peduli dengan aplikasi yang berjalan pada saat proses startup, sehingga kita harus menunggu cukup lama hingga komputer benar-benar menyala.

Baca: Lima kesalahan dalam memilih laptop

Untuk mengatur aplikasi yang berjalan pada saat startup dapat dilakukan dengan cara Start -> Run -> ketik msconfig -> Enter, setelah terbuka jendelanya pilih tab Startup, setelah itu silahkan kamu uncheck aplikasi apa saja yang kamu rasa tidak perlu berjalan pada saat proses startup.

3. Bersihkan cache


Dalam pengunaan komputer, kita pastinya banyak melakukan aktivitas baik itu bermain sosial media, mengerjakan tugas serta browsing internet, tentunya dari setiap kegiatan itu akan menyimpan banyak cache, jika cache dibiarkan, maka lama-kelamaan akan membuat laptop semakin lelet atau berat, untuk menghapus cache dan sejenisnya kita dapat menggunakan software, seperti CCleaner.

4. Melakukan defragment


Apa itu defragment? bahasa mudahnya, defragment dapat diartikan sebagai proses penataan kembali berkas-berkas yang terdapat pada hardisk.

Harus kita ketahui juga bahwa proses penyimpanan pada hardisk tidak dapat berjalan mundur, oleh karena itu, ketika ada berkas-berkas yang berada di belakang di hapus, maka slotnya akan kosong, hal ini akan membuat slot tersebut mubazir, oleh karena itu dengan menjalankan defragment kita dapat mengisi kembali slot-slot yg kosong tersebut.

Defragment dapat dibuka pada menu start -> accessory -> defragment disk, perlu diingat bahwa proses ini memerlukan waktu yang cukup lama.

5. Menambah kapasitas RAM


Jika keempat cara di atas tidak membuat perubahan, maka cara terakhir inilah yg saya kira paling ampuh, memang cara ini memerlukan dana yang lumayan besar, tapi saya jamin setelah kamu menambah RAM maka kecepatan komputer/laptop akan meningkat.

Namun, untuk melakukan cara ini kita harus memperhatikan juga faktor-faktor yang lain, seperti, sistem operasi dan processor. Jangan sampai setelah menambah RAM kamu baru menyadari bahwa processor tidak mampu mengimbangi kinerja RAM.

Semoga membantu buat kamu yang ingin meningkatkan kecepatan komputer/laptop.